Kami terinspirasi oleh kondisi geografis Indonesia yang unik.

Dalam menunjang perekonomian nasional peranan industri angkutan laut sangatlah penting dan tidak tergantikan, yaitu sebagai infrastruktur sarana yaitu alat transportasi

Dengan wilayah Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau dan 60% lebih wilayahnya terdiri dari air, maka untuk menjamin kelancaran distribusi barang (logistik) dan jasa ke seluruh Indonesia menjadi tugas yang tidak mudah, baik untuk pemerintah maupun sektor swasta.

Hal ini yang menginspirasi pendiri perusahaan untuk membuat perusahaan pelayaran nasional yang akan membuat publik dalam melancarkan aliran penumpang, barang, dan kendaraan keseluruh wilayah negeri.

Perusahaan ini diberi nama “PT. Dharma Lautan Utama” dengan tujuan utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mencapai perbaikan kesejahteraan masyarakat. Kata “Dharma” berarti pengabdian total kepada masyarakat dan bangsa, sedangkan “Lautan Utama” mencerminkan laut adalah komponen utama bisnis kami.

Sejak awal berdirinya perusahaan ini, kami telah mempunyai komitmen yang sangat tinggi pada perlindungan jiwa, aset, dan lingkungan laut. Karena tanpa itu semua, keberadaan usaha pelayaran ini tidak akan memberikan nilai dan menfaat bagi masyarakat luas.

Kami berkesinambungan terus meningkatkan kualitas armada dan mutu SDM dalam upaya memberikan layanan prima berupa tersedianya kapasitas muat terpasang dan tepat waktu, layanan keselamatan, dan keamanan sesuai dengan aturan International Maritime Organization (IMO) yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia, serta layanan kenyamanan dalam pelayaran. Layanan-layanan tersebut selama ini telah kami berikan jauh diatas Standar Layanan Kelas Ekonomi (Beyond Economy Class) dengan menggunakan tarif ekonomi.

Agar layanan prima tersebut dapat konsisten maka PT Dharma Lautan Utama selalu meningkatkan kwalitas armada kapal dan mutu sumber daya manusianya. Kualitas armada kapal dijaga dengan adanya fasilitas perawatan (maintenance facility) berupa galangan kapal PT Adhiluhung Sarana Segara Indonesia sejak tahun 2007. Peningkatan kwalitas sumber daya manusia dilakukan dengan cara pemberian training secara sistematis dan berkesinambungan agar terbentuk sumber daya manusia yang berkarakter.

Demikian gambaran sekilitas tentang perusahaan kami yang telah berupaya untuk meningkatkan layanan secara terus menerus selama 35 tahun dalam melayani bangsa indonesia, dengan moto kami “Kami Melayani Negeri(We Serve The Nation), dan “Kami Melayani Bangsa dengan Hati“.

Sebagai akhir sambutan ini, kami berharap profil perusahaan ini mampu memberikan gambaran yang utuh kepada pemangku kepentingan tentang bagiamana kami memandang industri pelayaran penumpang kendaraan di Indonesia dan bagaimana kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan guna memperoleh kepercayaan lebih tinggi dari publik.

Terima kasih telah berlayar bersama kami.

Direktur Utama