Marhaban Ya Ramadhan,, Sambut Ramadhan Dengan Berkumpul Bersama Keluarga & PT. Dharma Lautan Utama, Dengan Tetap Melaksanakan Protokol Covid-19

Marhaban Ya Ramadhan,,  Sambut Ramadhan Dengan Berkumpul Bersama Keluarga &  PT. Dharma Lautan Utama, Dengan Tetap Melaksanakan Protokol Covid-19

Ramadhan adalah bulan yang dinanti umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia yang dimana masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Di kala pandemi saat ini, sebagai seorang Muslim tentunya kita tetap menyambut bulan penuh rahmat dengan melakukan amalan-amalan dan tradisi khas menjelang bulan Ramadhan secara meriah dan suka cita.

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan adalah Tradisi Nyadran, yaitu Ziarah kubur jelang puasa Ramadhan ke makam orang tua atau keluarga yang telah meninggal, pembersihan makam, tabur bunga.

Tradisi–tradisi menyambut Ramadhan ini sudah ada sejak dulu dan masih terpelihara sampai dengan sekarang dan ditemui di hampir seluruh penjuru tanah air, berikut beberapa tradisi unik dalam rangka menyambut dan memeriahkan kedatangan bulan puasa Ramadhan yang hanya ditemui di Indonesia, dimana biasanya yang sudah merantau jauh dari kampung halaman ingin pulang untuk menikmati kembali tradisi – tradisi unik menyambut ramadhan.

  1. Apeman – Yogyakarta

Tradisi apeman sudah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Apeman dimulai dengan ziarah kubur terlebih dahulu untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal.

  1. Dugderan – Semarang

Dugderan merupakan tradisi dimana masyarakat Semarang melakukan festival sebagai tanda akan dimulainya Ramadhan. Tradisi ini digelar sekitar 1 – 2 minggu sebelum puasa.

  1. Munggahan – Jawa Barat

Munggahan dilakukan sehari sebelum dan saat hari pertama puasa. Di setiap kota di Jawa Barat memiliki sedikit perbedaan dalam menjalani tradisi ini. Namun, tradisi yang dianggap wajib di Sunda ini memiliki makna yang sama, yaitu berkumpulnya anggota keluarga untuk bersilaturahmi, berdoa bersama, dan makan sahur

  1. Nyorog – Betawi

Masyarakat Betawi di Jakarta memiliki tradisi Nyorog dalam menyambut Ramadhan. Tradisi ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar keluarga. Biasanya setiap orang akan membagi-bagikan bingkisan kepada keluarga. Tidak jarang isi bingkisannya berupa masakan khas Betawi yang dibawa dengan menggunakan rantang.

Salah satunya adalah sayur gabus pucung, ikan gabus yang dimasak menggunakan berbagai aneka bumbu, seperti cabai merah, jahe, dan kunyit.

  1. Megengan

Di Surabaya ada tradisi megengan yang masih dilakukan sampai sekarang. Megengan adalah kegiatan memakan kue apem sebagai bentuk menyucikan diri.

Menjelang bulan Ramadhan biasanya masyarakat yang berada di luar Jawa akan memanfaatkan waktunya untuk pulang ke Jawa guna bersilahturahmi, berpuasa bersama keluarga  hingga merayakan hari Idul Fitri bersama & berkumpul dengan keluarga tercinta.

Manfaatkan waktu anda untuk berkumpul dengan keluarga lebih awal guna menyambut Ramadhan dengan kembali ke kampung halaman bersama dengan keluarga, saudara, teman dan orang yang kita sayangi. Bagi yang memiliki kendaraan dapat menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor / mobil) untuk pergi ke kampung halaman. Banyak manfaat yang didapatkan jika anda melakukan perjalanan lebih awal yaitu :

  • Tidak berkumpul di suatu waktu dan tempat secara bersamaan (berdesak-desakan), mengingat saat ini masih terjadi pandemi.
  • Lebih cepat berkumpul dengan keluarga.

Sedangkan manfaat membawa kendaraan sendiri yaitu tidak perlu bingung mencari transportasi lanjutan, dapat digunakan untuk sarana transportasi keluarga yaitu bepergian mengunjungi sanak saudara, bepergian ke tempat wisata, dan menjadi kebanggaan hasil bekerja selama di luar pulau.

Bepergian di suasana pandemi saat ini tidak perlu khawatir, karena seluruh armada kapal PT. Dharma Lautan Utama telah memenuhi persyaratan untuk melayani transportasi anda karena selain untuk pelanggan, kami juga menjamin kesehatan seluruh karyawan kami. Dan selalu menjalankan  Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid19 sbb :

PT Dharma Lautan Utama adalah perusahaan pelayaran nasional yang selalu mengedepankan layanan prima bagi pelanggannya, dengan motto “We Serve The Nation”, serta memiliki armada kapal yang tersebar di seluruh wilayah nusantara serta memiliki fasilitas yang Nyaman & Aman. Dan anda bisa membawa sekaligus kendaraan pribadi anda, karena armada kami dapat mengangkut Penumpang & Kendaraan. Dan yang penting menggunakan Kapal Laut sangat AMAN dan MURAH.

Jadi tunggu apalagi ayo segera rencanakan perjalanan anda jauh-jauh hari dengan memanfaatkan kemudahan pembelian tiket  dari PT Dharma Lautan Utama.

Anda bisa melakukan pemesanan dan pembelian tiket melalui kantor cabang atau agen tiket resmi kami, selain itu anda juga bisa melakukan cek jadwal , tarif dan pembelian tiket melalui aplikasi DLU Ferry yang sudah tersedia di  Google Play Store dengan cara download melalui HP android anda.

Manfaatkan fitur– fitur baru kami seperti : pemilihan sendiri kursi atau tempat yang diinginkan saat cek in, cek in sendiri pada mesin cek in mandiri  dengan cara scan kode e-tiket anda.

Tanpa menurunkan kewaspadaan kita, mari sambut Ramadhan tanpa kepanikan, karena kepanikan akan menurunkan imunitas tubuh. Berikut Tips melakukan perjalanan yang dapat diadaptasi untuk menghindarkan diri dari resiko terpapar virus covid-19.

 

Bepergian dengan menggunakan Kapal Laut, Murah, Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Lho…

INFORMASI HUBUNGI :
PT. Dharma Lautan Utama
Jl. Kanginan No. 3 – 5 Surabaya

Telp 031 – 53535050 | WA 081393600600

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *