Silaturahmi Di Bulan Syawal bersama PT. Dharma Lautan Utama

Silaturahmi Di Bulan Syawal bersama PT. Dharma Lautan Utama

Indahnya Silaturahmi Di Bulan Syawal

bersama PT. Dharma Lautan Utama

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin..

Nikmat Mudik di Bulan Syawal, pasti tidak berdesakan & lebih murah

Pulang ke Kampung Halaman Di Bulan Syawal Memang Menyenangkan

Keistimewaan Bulan Syawal

Kita baru saja melewati bulan Ramadhan, dan sekarang kita sudah berada di bulan Syawal, bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriyah. Nyaris tidak ada penyambutan terhadap datangnya bulan Syawal. Berbeda dengan ketika menyambut Ramadhan, biasanya kita mengucapkan Marhaban ya Ramadhan tapi untuk bulan syawal, tidak pernah kita mendengar orang mengucapkan Marhaban Ya Syawal

Padahal, syawal juga bulan istimewa dan memiliki keutamaan, dan inilah beberapa keistimewaan bulan Syawal :

  • Bulan Kembali Ke Fitrah
    • Syawal adalah bulan kembalinya umat Islam kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya, setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh. Paling tidak, tanggal 1 Syawal umat Islam “kembali makan pagi” dan diharamkan berpuasa pada hari itu.
    • Ketibaan Syawal membawa kemenangan bagi mereka yang berjaya menjalani ibadah puasa sepanjang Ramadan. Ia merupakan lambang kemenangan umat Islam hasil dari “peperangan” menentang musuh dalam jiwa yang terbesar, yaitu hawa nafsu.
  • Bulan Takbir
    • Tanggal 1 Syawal adalah Idul Fitri, seluruh umat Islam di berbagai belahan mengumandangkan takbir. Maka, bulan Syawal pun merupakan bulan dikumandangkannya takbir oleh seluruh umat Islam secara serentak, paling tidak satu malam, yakni begitu malam memasuki tanggal 1 Syawal alias malam takbiran, menjelang Shalat Idul Fitri.
    • Kumandang takbir merupakan ungkapan rasa syukur atas keberhasilan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh. Kemenangan yang diraih itu tidak akan tercapai, kecuali dengan pertolongan-Nya. Maka umat Islam pun memperbanyakkan dzikir, takbir, tahmid, dan tasbih. “”Dan agar kamu membesarkan Allah SWT atas petunjuk yang Ia berikan kepada kamu, dan agar kamu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan” (QS. Al-Baqarah: 185).
  • Bulan Silaturahmi
    • Dibandingkan bulan-bulan lainnya, pada bulan inilah umat Islam sangat banyak melakukan amaliah silaturahmi, mulai mudik ke kampung halaman, saling bermaafan dengan teman atau tetangga, halal bihalal, kirim SMS dan telepon, dan sebagainya. Betapa Syawal pun menjadi bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan Allah SWT karena umat Islam menguatkan tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.
  • Bulan Ceria
    • Syawal adalah bulan penuh ceria. Di Indonesia bahkan identik dengan hal yang serba baru. Misalnya; baju baru, sepatu baru, perabot rumah tangga baru, dan lain-lain. Orang-orang bersuka cita, bersalaman, berpelukan, bertangis bahagia, mengucap syukur yang agung, meminta maaf, memaafkan yang bersalah.
    • Begitu banyak doa terlempar di udara. Begitu banyak cinta kasih saling diberikan antar seluruh umat manusia. Aura maaf tersebar di seluruh penjuru bumi, nuansa peleburan dosa, nuansa pencarian makna baru dalam hidup.
  • Puasa Satu Tahun
    • Amaliah yang ditentukan Rasulullah SAW pada bulan Syawal adalah puasa sunah selama enam hari, sebagai kelanjutan puasa Ramadhan.
    • “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh” (H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).
  • Bulan Nikah
    • Syawal adalah bulan yang baik untuk menikah. Hal ini sekaligus mendobrak khurafat, yakni pemikiran dan tradisi jahiliyah yang tidak mau melakukan pernikahan pada bulan Syawal karena takut terjadi malapetaka. Budaya jahiliyah itu muncul disebabkan pada suatu tahun, tepatnya bulan Syawal, Allah SWT menurunkan wabah penyakit, sehingga banyak orang mati termasuk beberapa pasangan pengantin. Maka sejak itu, kaum jahiliah tidak mau melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal.
    • Khurafat itu didobrak oleh Islam. Rasulullah Saw menunjukkan sendiri bahwa bulan Syawal baik untuk menikah. Siti Aisyah menegaskan: “Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada bulan Syawal, maka siapakah dari isteri beliau yang lebih beruntung daripada saya?” Selain dengan Siti Aisyah, Rasul juga menikahi Ummu Salamah juga pada bulan Syawal. Menurut Imam An-Nawawi, hadits tersebut berisi anjuran menikah pada bulan Syawal. ‘Aisyah bermaksud, dengan ucapannya ini, untuk menolak tradisi jahiliah dan anggapan mereka bahwa menikah pada bulan Syawal tidak baik.
  • Bulan Peningkatan
    • Inilah keistimewaan bulan Syawal yang paling utama. Syawal adalah bulan “peningkatan” kualitas dan kuantitas ibadah. Syawal sendiri, secara harfiyah, artinya “peningkatan”, yakni peningkatan ibadah sebagai hasil training selama bulan Ramadhan. Umat Islam diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan ini, bukannya malah menurun atau kembali ke “watak” semula yang jauh dari Islam. Na’udzubillah.
  • Bulan Pembuktian Takwa
    • Inilah makna terpenting bulan Syawal. Setelah Ramadhan berlalu, pada bulan Syawal lah “pembuktian” berhasil-tidaknya ibadah Ramadhan, utamanya puasa, yang bertujuan meraih derajat takwa.
    • Jika tujuan itu tercapai, sudah tentu seorang Muslim menjadi lebih baik kehidupannya, lebih saleh perbuatannya, lebih dermawan, lebih bermanfaat bagi sesama, lebih khusyu’ ibadahnya, dan seterusnya. Paling tidak, semangat beribadah dan dakwah tidak menurun setelah Ramadhan. Amin Ya Rabbal Alamin.

Dapatkan mafaat lain mudik di Bulan Syawal, Selain keutamaan bulan Syawal diatas.

Pulang Kampung di Bulan Syawal akan semakin menyenangkan selain keutaman di bulan ini  pun bisa kita peroleh beberapa manfaat yang bisa kita dapat ketika pulang kampung adalah, Perjalanan akan imlek11lebih aman dan nyaman, kita tidak perlu berdesak-desakan di dalam mendapatkan tiket transportasi, tidak akan mengalami kemacetan dalam perjalanan, kita bisa melakukan puasa sunnah bersama-sama kembali dengan keluarga di kampung halaman, seperti yang dirindukan banyak orang ketika harus berjauhan dengan keluarga.

Biaya perjalanan akan lebih murah, dengan mudik setelah lebaran kita masih bisa memperoleh harga tiket transportasi yang lebih murah, karena sudah pasti sebelumnya harga tiket transportasi mendekati hari motorIdul Fitri sangat mahal.

Dengan pulang ke kampung halaman naik kapal laut sambil membawa kendaraan sendiri sangat mudah dan murah, karena sampai di Pulau Jawapun tidak perlu bingung mencari transportasi lanjutannya. Dengan moto “We Serve The Nation” PT. Dharma Lautan Utama konsistenn dalam melayani transportasi kapal laut di seluruh wilayah nusantara.

Fasilitas yang mewah dan layanan yang prima kami siap melayani perjalanan anda, ruangan dingin ber-AC yang bersih, tempat duduk yang nyaman dapat disesuaikan posisinya atau reclining seat, area bermain anak, cafetaria dan pujasera yang menyediakan aneka makanan dan minuman, serta hiburan live music diatas kapal, dan anda tidak perlu merogoh kocek anda dalam – dalam karena tarif tiket pelayaran kami terjangkau. Dengan menggunakan armada kapal kami anda bersama keluarga atau teman sekaligus bisa berwisata.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi kapal kami juga menyediakan cardeck yang cukup luas yang dilengkapi dengan fasilitas keamanan seperti Petugas Keamanan, kamera CCTV, lashing serta alat pemadam, jadi tidak perlu kuatir tidak mendapatkan space, mobilnya tergores atau kehilangan barang. Kami yakin adik – adik dan keluarga akan sangat menikmati perjalanan menuju tempat tujuan, Ibarat kata nih “membayar Ekonomi tapi fasilitas VIP”..

Jadi apalagi yang ditunggu, rencanakan perjalanan anda di bulan Syawal ini untuk  silaturahmi di kampung halaman sekaligus berwisata di Pulau Jawa, Bali dan Lombok.

Untuk mempermudah anda dalam melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang ada di Pulau Jawa, Bali dan Lombok, PT. DHARMA LAUTAN UTAMA, dengan beberapa armada kapal yang dimiliki seperti KUMALA, KIRANA, KIRANA I, KIRANA III, DHARMA KENCANA, DHARMA KENCANA II, KIRANA IX, DHARMA KARTIKA IX, SATYA KENCANA III, DHARMA FERRY II, telah siap untuk melayani anda.

Berikut informasi destinasi wisata di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali & Lombok :

untitled-1

Surabaya ibukota Jawa Timur memiliki pesonanya tersendiri, diantara hiruk pikuknya Surabaya mempunyai banyak sekali pilihan tempat berwisata mulai dari wisata religi ada Makam Sunan Ampel, Masjid Al Akbar, Masjid cengho. Wisata Umum Kebun Binatang Surabaya, Ciputra Waterpark, Surabaya Night Carnival, Trans Studio Mini, atau kalo anda ingin berwisata alam di Surabaya ada Hutan Mangrove dan Pantai Ria Kenjeran. Tetapi bila anda penikmat wisata sejarah, Surabaya adalah tempatnya ada Museum Mpu Tantular, Tugu Pahlawan Surabaya, Museum Surabaya, Monumen Kapal Selam, dan Penikmat fotografi Wisata Kota Tua di daerah Jembatan Merah Surabaya, Jalan Gula, Jalan Tunjungan adalah tempatnya.

untitled-2

Beranjak sedikit dari Surabaya, Malang adalah surga bagi wisatawan mulai dari Taman Safari Prigen, Museum Angkut, Jatim Park I, Jatim Park II (Batu Secret Zoo), Batu Night Spectacular, Eco Green Park, Predator Fun Park dan masih banyak lagi destinasi wisata di Kota Malang. Di Lamongan juga anda dapat bersenang – senang di Wisata Bahari Lamongan dan Goa Maharani. Matahari Terbit di Bromo tidak pernah membosankan bagi para wisatawan untuk selalu memasukkannya dalam agenda kunjungan wisatanya.

untitled-3

Bergeser ke Jawa Tengah, Kota Semarang dan sekitarnya memiliki banyak tempat wisata yang rekomended. Semarang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para Wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota propinsi merupakan nilai plus yang dimilikinya. Namun terlepas dari hal tersebut, Semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata buatan. Seperti Lawang Sewu, Candi Borobudr, Candi Gedong Songo, Candi Prambanan, Gunung Slamet, Tawangmangu, Kepulauan Karimun Jawa, Benteng Van Der Wijck, Masjid Agung Jawa Tengah, Klenteng Ceng Ho dan kalo anda tidak ingin lewatkan adalah kuliner khas nya Jawa tengah seperti Gudeg, Nasi Liwet dan masih banyak ragam wisata tersaji disana lengkap dengan berbagai fasilitasnya, membuat kota ini sayang untuk dilewatkan oleh anda yang gemar berpetualang atau berwisata.

untitled-4

Seluruh Dunia mengenal Pulau BALI, dengan keindahan wisata alam dan budaya yang tiada duanya di Dunia, ditopang dengan keindahan pantainya menjadikan BALI destinasi kunjungan wisatawan Dunia dan sebagai orang Indonesia kita wajib untuk pernah berkunjung ke Bali.Berlibur ke Pulau Bali ditempuh hanya 6 jam perjalanan dari Surabaya, Selain karena panoramanya yang indah di Bali juga terdapat banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti pantai Sanur, pantai Nusa dua, pantai Kuta, pantai Jimbaran, pantai Dreamland, Bird park juga ada pura leluhur Uluwatu.

Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan barong di Batubulan, kemudian anda dapat berbelanja di pasar seni SukawatiUbud yang terkenal dengan daerah seninya dimana di lokasi ini terdapat beberapa sanggar seni dimana wisatawan bisa ikut berlatih seperti memainkan instrumen khas Bali dan menari Bali. Dan masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di pulau Bali, seperti keindahan pemandangan gunung Batur di Kintamani, Tampak Siring, Bali Safari Marine Park, Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana,. Kemudian Pura Besakih yang merupakan pura Hindu terbesar di pulau Bali, goa gajah, Pura Tanah lot

Melanjutkan perjalanan berlibur selanjutnya kita berwisata pantai yaitu ke Pulau Lombok, atau biasa disebut sebagai pulau Bali kedua, dengan keindahan pantainya yang bersih, ombaknya tenang dan eksotis. Melihat berbagai kelebihan yang dimiliki Lombok, khususnya Lombok Barat, maka tidak heran daerah inipun menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Karena banyak yang bisa dikunjungi seperti Pantai Senggigi, Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang terbentuk di Kaldera Gunung Rinjani yang berketinggian 3775 mdpl, pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah. Taman Nasional Gunung Rinjani, Air Terjun Sendanggile, Taman Narmada. Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Hutan Monyet Pusuk, Sire Beach, Batu Bolong, Lembah Hijau dan masih banyak lagi tempat wisata yang sayang jika anda lewatkan.aruna

Banyak hotel & penginapan yang tersebar sepanjang pantai  Senggigi, salah satunya adalah ARUNA SENGGIGI HOTEL, yang terletak di jalan raya Senggigi – Lombok Barat, telp 0370-693101, dimana merupakan salah satu hotel terbaik yang menawarkan perpaduan, keindahan, kenyamanan serta keramahan.

Ayo Rencanakan segera perjalanan anda di Bulan Syawal ini untuk bersilaturahmi sekaligus berwisata di Pulau Jawa, bali dan Lombok bersama PT. Dharma Lautan Utama

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *