Long Weekend Lagi, Ikuti Keunikan Tradisi Perayaan Isra’ Mi’raj di Indonesia Bersama PT. Dharma Lautan Utama

Long Weekend Lagi, Ikuti Keunikan Tradisi Perayaan Isra’ Mi’raj di Indonesia Bersama PT. Dharma Lautan Utama

Seperti yang telah kita ketahui Isra’ Mi’raj adalah peristiwa perjalanan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsha pada malam hari dan naiknya Nabi Muhammad ke langit dan bertemu Allah, kemudian kembali lagi ke bumi. Itu semua beliau lakukan hanya dalam satu malam.

Setelah 14 abad berlalu, kejadian Isra’ Mi’raj telah bergeser dari sekedar peristiwa, menjadi ritual dan peringatan. Mengingat pentingnya peristiwa tersebut, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad yang tahun ini jatuh pada Sabtu 14 April 2018, umat muslim di seluruh dunia turut memperingati perjalanan Nabi Muhammad yang hingga mendapatkan perintah shalat lima waktu.

Dewasa ini, cukup banyak warna warni kegiatan perayaan Isra Mi’raj yang dilakukan oleh umat muslim di Indonesia, terlebih di seluruh dunia, walaupun tidak semeriah Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Ayo Manfaatkan liburan kali ini dengan mengunjungi beberapa daerah wisata favorit dengan menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor / mobil) bersama – sama dengan teman, saudara dan orang yang kita sayangi. Karena kalau membawa kendaraan sendiri tidak perlu bingung mencari transportasi lanjutan menuju destinasi wisata yang kita inginkan dan menggunakan Kapal Laut sangat AMAN dan MURAH.

Angkutan Laut Murah, Aman dan Nyaman

Dengan moto “We Serve The Nation” PT. Dharma Lautan Utama konsisten melayani transportasi kapal laut di seluruh wilayah nusantara. Dengan fasilitas yang mewah dan layanan yang prima kami siap melayani perjalanan anda, dan anda tidak perlu merogoh kocek anda dalam – dalam karena tarif tiket pelayaran kami terjangkau. Dengan menggunakan armada kapal kami anda bersama keluarga atau teman sekaligus bisa berwisata.
Armada kapal PT. Dharma Lautan Utama dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti ruangan dingin ber-AC yang bersih, tempat duduk yang nyaman dapat disesuaikan posisinya atau recleaning seat, area bermain anak, cafetaria dan pujasera yang menyediakan aneka makanan dan minuman, serta hiburan live music diatas kapal.
Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, kapal kami juga menyediakan cardeck atau geladak kendaraan yang cukup luas yang dilengkapi dengan fasilitas keamanan seperti petugas keamanan, kamera CCTV, lashing, serta alat pemadam, juga tidak perlu kuatir tidak mendapatkan space, mobilnya tergores atau kehilangan barang.
Kami yakin anda dan keluarga akan sangat menikmati perjalanan menuju tempat tujuan, karena Bepergian dengan menggunakan Kapal Laut, Murah, Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Lho…
Naik kapal kami, berasa bayar ekonomi dapat fasilitas VIP, anda dapat membawa serta kendaraan pribadi anda, dan sekarang membeli tiket kapal kami lebih mudah, siapapun dan dimanapun anda dapat langsung membeli tiket kapal kami cukup dengan mendownload aplikasi mobile DLU FERRY di android anda.

slider-dlu-mobile-apps

Penasaran bukan? Apa saja bentuk – bentuk perayaan atau tradisi unik yang dilakukan umat muslim di berbagai belahan dunia khususnya Indonesia? Berikut ulasannya :

Tradisi Rajaban, Cirebon
Cirebon yang menjadi salah satu tempat penyebaran agama islam di Tanah Jawa sarat akan tradisi. Masyarakat Cirebon punya tradisi Isra’ Mi’raj yang jautuh pada tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijrian, yaitu Rajaban. Biasanya masyarakat Cirebon berbondong – bonding pergi berziarah ke plangon, tempat dua makam penyebear agama islam yakni pangeran kejaksaan dan pangeran panjunan

Selain itu, tradisi Rajaban juga bias digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan biasanya menggelar pengajian untuk umum dan melakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada warga keratin, kaum masjid, abdi dalem dan masyarakat Magersari. Nasi bogana itu terdiri dari kentang, telor ayam, tempe, tahu, parutan kelapa dan bumbu kuning yang dijadikan satu.
Tradisi Nanggung, Bangka Belitung
Di kampong Bukit, kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung punya tradisi untuk menyambut hari Isra’ Mi’raj. Nama tradisi itu adalah tradisi Nanggung.

Nanggung adalah tradisi membawa makanan dari rumah masing – masing menggunakan dulang atau rantang. Makanan yang dibawa biasanya berupa kue, buah – buahan atau nasi lengkap dengan lauk pauknya. Tradisi nanggung pada Isra’ Mi’raj biasanya tak hanya dilaksanakan warga kampong bukit, tetapi juga warga desa lain di Bangka Selatan.

Tradisi Rejeban Peksi Buraq, Yogyakarta
Yogyakarta juga punya tradisi Jawa yang telah ratusan tahun dilakukan di Kraton Yogyakarta. Nama tradisi tersebut adalah Rejeban Peksi Buraq.

Dua burung Buraq sebagai symbol kendaraan Nabi Muhammad yang terbuat dari kulit Jeruk Bali dibawa oleh abdi dalem Kaji Selusin dari Bangsal Kencana Kraton Yogyakarta menuju Serambi Masjid Gede Kauman.

Burung Buraq itu bertengger diatas susunan genanagan buah yang terdiri dari beberapa macam buah seperti manggis, rambutan dan juga tebu. Nantinya, gunungan buah itu akan dibagikan kepada Jemaah masjid usai pengajian.

Tradisi Nyadran Dewa, Siwarak Semarang
Ratusan warga di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati yaitu di RW 2 Kampung Siwarak mengikuti tradisi Nyadran Desa atau Haul Umum untuk memperingati Isra’ Mi’raj. Dalam nyadran itu juga diadakan kirab budaya seperti mengarak replica hewan badak siwarak, gunungan berisi buah dan sayuran dari hasil bumi pertanian penduduk. Alat music lesung, permainan tradisional thek thek dan pawai drumband serta kelompok tani.

Sepanjang rute pawai, berbagai atraksi peserta tersebut menjadi tontonan warga yang sudah menunggu di depan rumahnya masing – masing. Music drumband dan alunan lagu dari grup kempling dengan memukul rebana seakan memecak keheningan pagi di desa tersebut.

Setelah kirab, peserta menampilkan keterampilan seperti pencak silat dan tarian di tengah lingkaran. Kemudian peserta membawakan cerita awal mula daerah itu diberinama kampong Siwarak.

Perayaan Isra’ Mi’raj di karo, Sumatera Utara
Di Karo masyarakat merayakan Isra’ Mi’raj dengan cara mempraktikkan sebuah tradisi yang disebut Kerja Tuhan. Ini adalah semacam pesta panen yang dilakukan orang desa sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Tuhan. Kerja Tuhan ini beda – beda waktu penyelenggaraannya, tergantung dari tiap desa. Sebagian desa merayakan menjelang Isra’ Mi’raj.

Itu semua adalah tradisi peringatan Isra’ Mi’raj yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan yang diluar sana? Alangkah baiknya kita simak pembahasan tradisi perayaan Isra’ Mi’raj di luar negeri di bawah ini.

Konferensi, di Amerika, Australia dan Inggris
Ada banyak cara merayakan Isra’ Mi’raj di kalangan orang Amerika. Menurut TimeandDate.com, Konferensi tentang Isra’ Mi’raj diadakan dibeberapa Negara bagian Amerika Serikat dalam beberapa kali. Media telat melaporkan bahwa ribuan Muslim di California, Wisconsin dan Negara – Negara bagian lain merayakan perayaan ini setiap tahun.

Selain itu, banyak juga muslim lain di sana membuat doa – doa khusus di malam hari. Sebagian orang menghadiri doa dan khutbah di pusat – pusat Islam atau masjid sementara yang lain menikmati Isra’ Mi’raj di rumah masing – masing. Beberapa muslim merayakannya selama dua hari.

Tradisi berbagi permen, Kanada
Di Kanada, beberapa muslim membuat permen dan membagi – bagikannya untuk tetangganya. Beberapa muslim merayakan acara Isra’ Mi’raj selama dua hari. Kegiatan lain yang terkait dengan Isra’ Mi’raj dan termasuk puasa di siang hari, serta membaca Al – Quran dan menggunakan tasbih di malam hari.

Beberapa orang membuat permen untuk berbagi dengan orang lain atau memberikan sumbangan untuk amal. Beberapa siswa belajar tentang Isra’ Mi’raj dengan mendengarkan ceramah para ulama dengan CD atau rekaman, sedangkan sebagian lainnya membaca materi yang diperoleh di took buku, perpustakaan dan sumber – sumber lainnya

Selain itu Berikut kami berikan informasi destinasi wisata di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali & Lombok :

JAWA TIMUR

Surabaya ibukota Jawa Timur memiliki pesonanya tersendiri, diantara hiruk pikuknya Surabaya mempunyai banyak sekali pilihan tempat berwisata mulai dari wisata religi ada Makam Sunan Ampel, Masjid Al Akbar, Masjid cengho. Wisata Umum Kebun Binatang Surabaya, Ciputra Waterpark, Surabaya Night Carnival, Trans Studio Mini, atau kalo anda ingin berwisata alam di Surabaya ada Hutan Mangrove dan Pantai Ria Kenjeran. Tetapi bila anda penikmat wisata sejarah, Surabaya adalah tempatnya ada Museum Mpu Tantular, Tugu Pahlawan Surabaya, Museum Surabaya, Monumen Kapal Selam, dan Penikmat fotografi Wisata Kota Tua di daerah Jembatan Merah Surabaya, Jalan Gula, Jalan Tunjungan adalah tempatnya.

Beranjak sedikit dari Surabaya, Malang adalah surga bagi wisatawan mulai dari Taman Safari Prigen, Museum Angkut, Jatim Park I, Jatim Park II (Batu Secret Zoo), Batu Night Spectacular, Eco Green Park, Predator Fun Park dan masih banyak lagi destinasi wisata di Kota Malang. Di Lamongan juga anda dapat bersenang – senang di Wisata Bahari Lamongan dan Goa Maharani. Matahari Terbit di Bromo tidak pernah membosankan bagi para wisatawan untuk selalu memasukkannya dalam agenda kunjungan wisatanya.

JAWA TENGAH

Bergeser ke Jawa Tengah, Kota Semarang dan sekitarnya memiliki banyak tempat wisata yang rekomended. Semarang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para Wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota propinsi merupakan nilai plus yang dimilikinya. Namun terlepas dari hal tersebut, Semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata buatan. Seperti Lawang Sewu, Candi Borobudr, Candi Gedong Songo, Candi Prambanan, Gunung Slamet, Tawangmangu, Kepulauan Karimun Jawa, Benteng Van Der Wijck, Masjid Agung Jawa Tengah, Klenteng Ceng Ho dan kalo anda tidak ingin lewatkan adalah kuliner khas nya Jawa tengah seperti Gudeg, Nasi Liwet dan masih banyak ragam wisata tersaji disana lengkap dengan berbagai fasilitasnya, membuat kota ini sayang untuk dilewatkan oleh anda yang gemar berpetualang atau berwisata.

BALI & LOMBOK

Seluruh Dunia mengenal Pulau BALI, dengan keindahan wisata alam dan budaya yang tiada duanya di Dunia, ditopang dengan keindahan pantainya menjadikan BALI destinasi kunjungan wisatawan Dunia dan sebagai orang Indonesia kita wajib untuk pernah berkunjung ke Bali.Berlibur ke Pulau Bali ditempuh hanya 6 jam perjalanan dari Surabaya, Selain karena panoramanya yang indah di Bali juga terdapat banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti pantai Sanur, pantai Nusa dua, pantai Kuta, pantai Jimbaran, pantai Dreamland, Bird park juga ada pura leluhur Uluwatu.

Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan barong di Batubulan, kemudian anda dapat berbelanja di pasar seni SukawatiUbud yang terkenal dengan daerah seninya dimana di lokasi ini terdapat beberapa sanggar seni dimana wisatawan bisa ikut berlatih seperti memainkan instrumen khas Bali dan menari Bali. Dan masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di pulau Bali, seperti keindahan pemandangan gunung Batur di Kintamani, Tampak Siring, Bali Safari Marine Park, Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana,. Kemudian Pura Besakih yang merupakan pura Hindu terbesar di pulau Bali, goa gajah, Pura Tanah lot

Melanjutkan perjalanan berlibur selanjutnya kita berwisata pantai yaitu ke Pulau Lombok, atau biasa disebut sebagai pulau Bali kedua, dengan keindahan pantainya yang bersih, ombaknya tenang dan eksotis. Melihat berbagai kelebihan yang dimiliki Lombok, khususnya Lombok Barat, maka tidak heran daerah inipun menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Karena banyak yang bisa dikunjungi seperti Pantai Senggigi, Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang terbentuk di Kaldera Gunung Rinjani yang berketinggian 3775 mdpl, pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah. Taman Nasional Gunung Rinjani, Air Terjun Sendanggile, Taman Narmada. Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Hutan Monyet Pusuk, Sire Beach, Batu Bolong, Lembah Hijau dan masih banyak lagi tempat wisata yang sayang jika anda lewatkan

Banyak hotel & penginapan yang tersebar sepanjang pantai  Senggigi, salah satunya adalah ARUNA SENGGIGI HOTEL, yang terletak di jalan raya Senggigi – Lombok Barat, telp 0370-693101, dimana merupakan salah satu hotel terbaik yang menawarkan perpaduan, keindahan, kenyamanan serta keramahan

Ayo Rencanakan segera perjalanan anda untuk bersilaturahmi sekaligus berwisata di Pulau Jawa, bali dan Lombok bersama PT. Dharma Lautan Utama

 

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *